Translate

Selasa, 03 September 2013

GERAKAN NASIONAl SADAR GIZI

Siapakah yang bertanggung jawab untuk melakukan gerakan nasional sadar gizi ini? Berikut kita akan bahas mengenai siapa yang HARUS melakukan atau menerapkannya, yaitu :
Ibu Hamil
ibu-hamilBanyak ibu hami yang tidak mau bertambah berat badan saat dirinya hamil. Ini jelas tidak benar karena berat badan ibu hamil diharapkan bertambah 9-12 kg. Keadaan ini berkaitan dengan kebutuhan gizi jabang bayi pada masa kehamilan.




 


Ibu Menyusui
ibu-menyusuiMasa Ibu menyusui ternyata juga dipengaruhi oleh masa kehamilan. Bila pada saat hamil kebutuhan gizinya tidak terpenuhi dengan pas, maka produksi ASI juga tidak bisa maksimal. Hanya ASI saja diberikan sampai 6 bulan, selanjutnya ditambah dengan makanan pendamping ASI.





Ibu Balita
ibu-balitaIbu balita harus bisa mengatur makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk balitanya karena pada masa ini rentan terhadap penyakit infeksi. Sejak Usia 1 tahun, anak harus diperkenalkan makanan keluarga, mulai dari berstruktur lunak, lembek, hingga padat sesuai kebutuhan. 





Anak Sekolah 
anak-sekolahMemasuki masa awal sekolah, aktivitas anak-anak semakin banyak dilakukan di luar rumah, yang tentunya rawan akan kurangnya perhatian pada gizi yang sehat. Karena itu sangat disarankan untuk dapat memperhatikan pemilihan jajanan yang sehat dan bergizi, membiasakan sarapan pagi, dan menimbang berat badan secara teratur.





Remaja
remajaMasa ini adalah masa transisi antara anak dan dewasa sehingga membutuhkan perhatian yang khusus. Salah satunya adalah perhatian pada remaja putri yang akan menjadi calon ibu dimasa mendatang. Mengkonsumsi gizi seimbang serta menghindari rokok dan narkoba.






Lansia
lansiaProses menua ditandai dengan adanya peningkatan kehilangan massa otot, densitas tulang, serta penurunan kualitas fungsi organ dan jaringan tubuh. Asupan gizi yang cocok adalah makanan yang mendukung penghambatan kropos tulang, minum susu, berolah raga ringan secara teratur, dan mempertahankan berat badan ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar